Jalur Migrasi 14 Jenis Paus

Jenis-jenis Paus

















Kalian pernah melihat seekor paus berenang di laut? Pernah melihat puluhan bahkan ratusan pasang paus, bukan hanya satu tapi dari 14 jenis paus, bermigrasi dari perairan dingin ke perairan laut hangat? kalau belum, kunjungilah perairan Laut Sawu, Kupang, antara Desember-Maret.

"Perairan Laut Sawu, kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan jalur migrasi 14 jenis paus, termasuk mamalia jenis langka paus biru dan paus sperma. Bahkan, beberapa pulau di kawasan ini merupakan tempat peteluran penting bagi jenis-jenis penyu laut yang terancam punah," kata ketua tim Pengkajian dan Penetapan Kawasan Konservasi Laut Sawu-Solor, Lembaga, Alor, Solar, Jotham S.R. Ninef. Perairan Laut Sawu merupakan salah satu kekayaan indonesia yang dikelilingi oleh rangkaian kepulauan dan corak bawah laut yang dramatis. Ekosistem yang terkandung di dalamnya bukan hanya penting bagi kelestarian kehidupan biota laut dan paus, juga untuk objek wisata dan ilmu kelautan dunia.

Demikian  pentingnya perairan Laut Sewu, sejak tahun 2009 pemerintah menjadikannya sebagai kawasan konservasi perairan Nasional (KKPN). Kenapa? karena perairan ini terletak di jantung bentang laut Paparan sunda kecil di bagian selatan Segi tiga Karang Dunia, yang menyokong beragam habitat karang dan pelagis paling produktif di dunia.

Selain letaknya di persimpangan Samudra Pasifik dan Hindia, sehingga menjadikannya sebagai koridor migrasi utama 14 jenis paus. Wilayah ini juga merupakan fenomena  oseanografi paling dinamis, termasuk di antaranya arus laut indonesia yang terkenal kuat. Nah, kombinasi arus yang kuat dan tebing laut yang curam itu menyebabkan beradunya arus air dingin dan hangat. Hal itu menjadikannya faktor utama pemicu ketangguhan terhadap ancaman terbesar abad ini, yaitu peningkatan suhu global permukaan laut terkait perubahan iklim.

Pusat kajian dan perencanaan pengelolaan KKPN Laut Sawu seluas 4,9 juta hektar, itu apabila berjalan lancar sesuai rencana, akan menjadi salah satu tempat perlindungan bagi kehidupan laut dan sumber daya perikanan yang produktif di antara perubahan iklim global.

Apakah kalian mau menjadi salah seorang pakar kelautan Indonesia yang masih langka itu? Ayo belajar yang rajin dan serius. Ingat, nenek moyang kita orang pelaut loh hehehe. Dan 80% wilayah  NKRI ini juga lautan, loh!

Sumber : Majalah Anak Saleh Seri 2
Abdur rahman

Author :

Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Jalur Migrasi 14 Jenis Paus. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook.
Share Artikel

44 comments:

avatar

belum pernah lihat paus ecara langsung, apalagi migrasinya. pengen sih sekali-kali lihat, tapi harus ke Kupang terlebih dahulu ya mas,

avatar

Adakah gambar aslinya kak ?

avatar

Iya kang kalau mau lihat secara langsung, ke Laut Sawu di Kupang

avatar

Ga ada, karna saya juga blm pernah liat secara langsung. Postingan ini saya buat berdasarkan majalah yang saya punya. Habis saya bingung mau posting apa.

avatar

paus sama hiu itu apa sama mas?masih bingung nih

avatar

hehe dari nama nya aja beda mas :D
tapi kalo paus itu besar kata nya dibanding Hiu hihihihihi

avatar

ternyata banyak juga ya jenis-jenisnya, yang saya tau cuman 3

avatar

Wah. baru tahu kalau ada jenis paus sperma.. hihihi

avatar

Kalu lihat proses perpindahan ikan di laut seru kali ya Kang ? ha,, ha,, ha,,

Salam

avatar

lengkap juga ulasannya, tapi sumbernya kurang jelas mas, seperti penerbit apa, dst.

Insya Allah nanti saya menjelaskan bagaimana mengutip yang baik deh.

avatar

Tidak jelas bagaimana pak, Postingan ini saya tulis berdasarkan majalah yg saya punya, dan sumbernya pun sudah saya cantumkan, jujur saya memang tidak pandai mengutip. Dan saya berterima kasih jika pak ustadz mau menjelaskan bagaimana mengutip dengan baik.

avatar

Sekarang sudah tau dong jenis-jenis paus yang lain.

avatar

Paus dan Hiu memang berbeda mas, salah satu perbedaannya itu paus cenderung lebih besar daripada hiu

avatar

Iya mas saya juga belum lama taunya. Paus sperma itu bukan berarti itu paus jorok ya mas hehehe.

avatar

Iya kang seru, seru banget malah.

avatar

migrasi ikan paus jauh sekali ya mas, kalau saya migrasinya baru sampai di Medan saja tu :D

avatar

apakah terlihat dari atas air mas?,maksudnya,apakah paus paus itu berenang diatas permukaan sambil menyemprot nyemprotkan air gitu,kayak di tipi tipi

avatar

Wah banyak sekali ya jenisnya paus ini...

avatar

Jadi inget 4th yang lalu pernah lihat paus secara langsung di laut banda.
Terimakasih mas informasinya,sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

avatar

Mas ibrahim mending sampai medan, kalau saya sih baru muter-muter di bekasi aja heheh.

avatar

Itu juga menjadi pertanyaan saya mas, karna saya juga blm melihat langsung

avatar

Wah pasti seru ya mas, kalau lihat langsung. Sama-sama mas

avatar

Yang saya tahu paus hanya ada 1 jenis... ternyata banyak sekali mas..jadi tambah pengetahuan.. tks sharingnya

Btw, wellcome screenya keren..

avatar

waah, pengetahuan ini, trims mas...

avatar

paus sperma hahaa kerenn namanya :D harusnya disensor kang :D

avatar

saya kurang tertarik dalam ilmu perairan, tapi saya harap kedepannya semoga laut indonesia dapat dimaksimalkan dengan baik

avatar

Terima kasih kembali mbak. Di sini kita sama-sama mendapatkan pengetahuan ya mbak

avatar

Ya mas, dapat pengetahuan baru ya mas, sama-sama

avatar

Haduh si akang pikirannya ngeres banget dah.

avatar

Amin, amin mas semoga doa mas Intan di ijabah.

avatar

banyak juga macamnya hiu
kita harus melindungi dan menjaganya
kayak harimau di bukit barisan, patut dijaga kelestariannya

avatar

itu jenis paus yang seperti kaya torpedo...masih ada ya mas :)

avatar

apa gag tersesat yah kan laut gag ada rambu rambu nya :) salut deh sama paus paus yang migrasi

avatar

Ketahuan nih ga baca, bukan hiu tapi paus.

avatar

Kalau kita yg berimigrasi, mungkin bisa mas tersesat.

avatar

pasti seru banget yia kalau bisa lihat paus sedang migrasi, jadi penasaran nih, cari videonya dulu ah...

avatar

Saya juga penasaran, ikutan ah cari videonya :D

avatar

Begini mas nanti saya bimbing, apalagi mas ada niatan ingin buku kan?

Memangnya buku apa yang hendak disusun?

avatar

Iya Pak, memang saya ada niatan untuk membuat buku sendiri, namun belum terlaksana, karna tidak adanya modal/biaya.

avatar

blom pernah menyaksikan langsung wujudnya...pasti eksotic

Silahkan berkomentar dengan bijak, Sopan, dan jangan rusuh. Dilarang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link.

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2017 Wahid Lovers Powered by Blogger
DMCA · Privacy Policy · Sitemap · Contact ·
Back to Top