Ajaibnya Teknologi Modifikasi Cuaca

Metode Penyemaian Awan
Teman-teman, ternyata, ada teknologi yang dapat mengubah cuaca dan memindahkan hujan loh. Namanya Modifikasi Cuaca. Penasaran seperti apa teknologi itu? Kita simak bareng-bareng yuk.

Di dunia, Teknologi modifikasi cuaca (TMC) berawal pada 1946. Vincent Schaefer dan Irving Langmuir, penasaran dengan terbentuknya kristal es dalam lemari pendingin atau kulkas. Pada 1947, Bernard Vonnegut menemukan terjadinya deposit es pada kristal perak iodida yang bertindak sebagai inti es. Penemuan kedua hal itu adalah titik awal perkembangan TMC di dunia.

TMC dikenal di indonesia dengan sebutan hujan buatan. Teknologi ini pertama kali diujicoba pada tahun 1977 oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pada 1985 dibentuk Unit Pelayanan Teknis Hujan Buatan (UPT-HB). Fungsi dari unit ini, yaitu memberikan pelayanan peningkatan curah hujan untuk menjaga ketersediaan air di waduk, sebagai sumber air. Tetapi kini penggunaan TMC telah berkembang untuk tujuan yang lebih beragam. Salah satunya adalah untuk mengendalikan curah hujan, terutama di daerah-daerah yang rawan bencana jika terjadi hujan.

Modifikasi cuaca adalah teknologi yang dapat meningkatkan curah hujan dan menghilangkan awan. Nah, ajaibkan? Tetapi, itu bukan keajaiban yang terjadi begitu saja loh. TMC ini dapat terjadi melalui sebuah proses teknologi. Sebuah usaha manusia untuk meningkatkan curah hujan melalui proses fisika yang terjadi di dalam awan. Proses fisika yang terjadi dapat berupa proses tumbukan dan penggabungan (collision and coalescense) atau proses pembentukan es (ice nucletion).

TMC dapat dilakukan dengan cara menyemai awan. Dan, hal tersebut dapat di lakukan dengan beberapa cara. Memasukan bahan penyemai awan, atau pun menggunakan wahana pesawat terbang, roket yang di luncurkan ke dalam awan, atau pun menggunakan Ground Base Generator (GBG) yang memanfaatkan angin lembah (valley breeze) dan kemiringan permukaan gunung.

Di indonesia, khususnya di jawa barat beberapa menara GBG telah terpasang. Menyebar di kawasan puncak, Bogor (lereng Gunung Gede - Pangrango). Menara tersebut bertujuan  untuk menyemai awan yang melintas di kawasan puncak. Jika setiap awan yang melintas dapat disemai, maka hujan dapat turun lebih awal. Sehingga tidak terjadi penumpukan awan yang dapat menimbulkan hujan lebat di daerah  tersebut. Jika terjadi hujan lebat di bogor, wilayah jakarta yang letaknya lebih rendah dapat terancam banjir.

Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Jabodetabek beberapa waktu ini, membuat air tidak tertampung di sungai. Sehingga meluap dan menyebabkan banjir. Agar banjir tidak lagi melanda jakarta, maka curah hujan harus di kurangi. Beberapa waktu  belakangan ini, TMC telah dimanfaatkan di wilayah Jabodetabek untuk mengurangi curah hujan. Dengan cara , awan disemai di daerah-daerah yang tidak rawan banjir. Wilayah yang menjadi titik penyemaian  itu adalah daerah utara bandung, lalu di laut utara dan kemudian di selatan wilayah sukabumi. Sehingga awan-awan yang menuju Jabodetabek turun menjadi hujan sebelum memasuki wilayah tersebut. Subhanallah, canggih! Ya.

Sumber referensi : Majalah Anak Saleh
Abdur rahman

Author :

Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Ajaibnya Teknologi Modifikasi Cuaca. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook.
Share Artikel

53 comments:

avatar

Canggih ya, Bang.. Seharusnya ngga ada daerah yang kering lagi donk ya. Kan semua balance :D

avatar

wah... ternyata ada juga alat modifikasi cuaca, baru tahu saya... sepertinya boleh juga alatnya yia bos buat meminimalisir banjir....

avatar

Ya bos, teknologi ini bisa di bilang untuk meminimalisir banjir.

avatar

Pinter ya yg ngedit, bagus...:)

avatar

Saya jadi ingat sama film film barat yang bertema cuaca seperti Twister dll. Bahkan saya pernah ingat ada film fiksi ilmiah, dimana cuaca bisa dikendalikan dengan remote control dalam sebuah sistim Mega Komputer. Wah sudah kaya di film film aja

avatar

itulah hebatna teknologi jaman skrng ini :-)

avatar

Teknologi semakin canggih saja ya teman.

avatar

Selama itu bs membantu byk org, memang hrs dilakukan cara-cara menggunakan teknologi diatas sob..

avatar

Selamat Sore mas... Wah saya baru tau kalau sekarang ada teknologi yang dapat mengubah cuaca dan memindahkan hujan, Teknologi memang semakin hari semakin meningkat ya Mas...

avatar

Kalau alat ini di gunakan dengan maksimal dan akan memberikan banyak amnfaatnya ya kang ?

Salam

avatar

luar biasa canggih ya cuaca saja sudah bisa dimodifikasi, kalau saya masih memodifikasi kode heehee

avatar

Ya mas bagus edit cuacanya.

avatar

Iya mas sangat luar biasa, Subhanallah

avatar

Kalau untuk film kayanya itu bukan dengan modifikasi cuaca mas, tapi menggunakan visual efek kalau ga salah :D

avatar

Iya mas, teknologi juga mengikuti perkembangan jaman

avatar

Iya teman, betul sekali teman.

avatar

Iya sob, TMC mungkin akan sangat bermanfaat jika musim penghujan datang.

avatar

Iya mas, teknologi semakin hari memang semakin canggih, kalau kita ngomongin teknologi tentu tidak akan ada habisnya.

avatar

Ya mas, mungkin kalau teknologi ini di gunakan dengan maksimal akan memberikan banyak manfaat

avatar

Mas ibrahim masih mending bisa memodifikasi kode, kalau saya sih paling cuma bisa ngotak-ngatik kode doang.

avatar

Kerenn banget gann
cuaca sampai bisa bisa di modifikasi :D ehehe nice postt

avatar

wah luar biasa yah perkembangan ilmu ini, namun setingginya ilmu manusia tetap tidak bisa mengalahkan kehehendak yang kuasa yah ....

avatar

Iya gan keren, padahal kan cuaca itu sudah alami ya gan.

avatar

Betul tuh kang, Allah yang mengatur segala yg ada di dunia dan di akhirat. Jadi kalau Allah sudah berkehendak pasti akan terjadi.

avatar

keten mas..memang kecanggihan tehnologi byk membantu kehidupan kita ya :)

avatar

Iya mas Purnomo, tapi jangan sampe kita bergantung pada tekonologi ya mas.

avatar

semakin lama semakin canggih aja ya Mas teknologi yang diciptakan oleh para ilmuan-ilmuan dunia

avatar

wah baru tau nih mas, pas banget buat hutan yang kebakaran agar bisa di turunin hujan yang lebat.. hehe

avatar

Teknologi memang tidak ada habisnya...makin kreatif ya mas,.. :)

avatar

Iya mas betul. Semakin banyaknya teknologi, maka semakin banyak pula ilmuan yg ingin menciptakan teknologi yg lebih canggih.

avatar

Semacam transfer hujan gitu ya mas.

avatar

Betul sekali, kalau berbicara teknolgi pasti ga ada habisnya.

avatar

Teknologi semakin canggih aja ya mas, cuaca aja bisa dimodifikasi, bukan maen duaaah :)

avatar

jaman sekarang sudah canggih - canggih ya mas, cuaca saja bisa di modifikasi... jadi sawah saya gak takut kekeringan nih hehehe

avatar

Iya mas, cuaca aja bisa dimodifikasi. Nanti jangan-jangan bumi mau dimodifikasi juga, bukan maeh duaaah

avatar

Iya mas, jadi tidak khawatir lagi dong ya mang.

avatar

Jaman semakin canggih saja ya.....
Malaikat yang bertugas menurunkan hujan ajah bisa di kelabuhi he... :)

avatar

Heheh bener sekali tuhhh ^_^ kreatif bener tu orang

avatar

hebat..teknologi membuat semua hal menjadi memungkinkan. Dengan tehnologi ini tentu tidak akan ada daerah yang mengalami kekeringan.

avatar

Modifikasi cuaca adalah teknologi yang dapat meningkatkan curah hujan dan menghilangkan awan. wah berarti bisa untuk mengatur segala macam alam yang ada tapi hanya cuaca saja.

avatar

semoga dengan majunya teknologi semoga kita gk ketinggalan ya :)

avatar

betul itu mbak putri, tapi kalau sudha datang musim kemarau, ada juga daerah yang kekeringan :D

avatar

Betul juga tuh apa kata mas Ibrahim mbak queenara, kalau musim kemarau datang pasti ada juga yg kekeringan

avatar

Iya mas Heri, saya ga bisa bayangin gimana ya kalau sampe ketahuan malaikat hehehe :D

avatar

Ya namanya juga modifikasi cuaca, ya udah pasti buat cuaca saja dong.

avatar

Betul mas, jangan sampe gaptek ya mas

avatar

ternyata manusia hebat ya, cuaca pun bisa di modifikasi.. sayangnya kadang makin pinter orang malah makin sombong.. hadee..
ups kok komentar saya malah melencenga ya gan,, hhe

avatar

semakin canggih aja teknologi dunia ini, kita jangan mau kalah

avatar

Ga papa gan, tapi kata agan bener juga sih, makin pinter orang malah makin sombong

avatar

Ya mas kita jangan mau kalah, Ganbate hehehe :D

avatar

Prinsipnya membekukan awan dengan garam bukan ya?..

Silahkan berkomentar dengan bijak, Sopan, dan jangan rusuh. Dilarang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link.

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2017 Wahid Lovers Powered by Blogger
DMCA · Privacy Policy · Sitemap · Contact ·
Back to Top